Situs Wapres RI
Situs Wapres RI
12.beritafoto.png, 9,2kB

Menerima Duta Besar India Yang Baru

Foto

Wakil Presiden Boediono menerima Dubes India untuk Indonesia Gurjit Singh. (Foto : Puastono)


Istana Wakil Presiden. Wakil Presiden (Wapres) Boediono menerima Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Gurjit Singh, Rabu 20 Juni 2012. “Selamat melaksanakan  tugas yang baru. Mari kita bekerjasama, menguatkan hubungan kedua negara,” ujar Wapres memulai percakapan.

Singh menyampaikan bahwa penugasannya di Indonesia merupakan suatu kehormatan bagi dirinya. “Indonesia negara yang kaya,” ujar Singh. Ia menceritakan bahwa PM India Manmohan Singh menugaskannya untuk bekerja lebih terarah untuk meningkatkan hubungan kedua negara, terutama di bidang perdagangan, teknologi tinggi, energi, manufaktur, pendidikan,  kesehatan dan kebudayaan. 

Wapres mengatakan hubungan kedua negara sangat baik. “Bahkan 25 tahun yang lalu Presiden Soekarno dan PM Nehru memiliki hubungan yang sangat dekat,” ujar Wapres. Ia mengharapkan hubungan people to people kedua negara juga dapat ditingkatkan. 

Wapres menceritakan bahwa perekonomian Indonesia dapat menjaga pertumbuhan karena memiliki pasar domestik yang besar. “Tetapi sebetulnya ada potensi yang dapat dikembangkan dari sisi supply, yaitu menghilangkan hambatan dengan melakukan pembangunan infrastruktur,” ujar Wapres. Dengan melakukan pembangunan infrastruktur, ia yakin Indonesia dapat bertahan dari situasi perekonomian dunia yang sedang tidak menentu.

Singh menyampaikan ketertarikan negaranya untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. “Kami ingin menjadi mitra pemerintah Indonesia, apakah melalui pemberian pinjaman, Foreign Direct Investment atau  melalui skema Public Private Partnership,” ucap Singh. Ia menjelaskan bahwa beberapa proyek infrastruktur di India dapat dilaksanakan dengan baik melalui skema PPP.

Singh menyerahkan credential letter kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 5 Juni 2012. Sebelum di Indonesia, ia pernah menjadi Dubes India untuk Ethiopia, Djibouti, dan Perwakilan India di Uni Afrika.

****




Bookmark and Share