Situs Wapres RI
Situs Wapres RI
12.beritafoto.png, 9,2kB

Menjelang Olimpiade London 2012

Foto

Wakil Presiden Boediono menerima pengurus Komite Olimpiade Indonesia. (Foto : Indra)


Istana Wakil Presiden. Keberhasilan kontingen Indonesia menjadi juara umum SEA Games XXVI mendorong semangat atlet-atlet Indonesia untuk terus berprestasi. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pada pelaksanaan SEA Games XXVI. Walaupun dengan persiapan pas-pasan, tetapi dapat dilaksanakan dengan baik, dan membangkitkan semangat atlet-atlet untuk menjadi juara umum. Kami pun bertekad untuk menjadi juara umum pada SEA Games Myanmar,” ujar Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo ketika beraudiensi dengan Wakil Presiden (Wapres) Boediono.

Rita melaporkan beberapa perhelatan besar yang akan dihadapi oleh atlet-atlet Indonesia. Pada bulan Juni 2012, atlet-atlet Indonesia akan berlaga di Asian Beach Games (ABG) III yang akan dilaksanakan di Haiyang, Republik Rakyat Tiongkok. Pada ABG I yang dilaksanakan di Bali pada tahun 2008, kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum. Tetapi, pada ABG II yang dilaksanakan di Muscat, Oman pada tahun 2010 turun menjadi urutan ke-5. “Pada Asian Beach Games ke-III ini kami mentargetkan masuk tiga besar,” ujar Rita.

Memasuki bulan Juli 2012, atlet-atlet Indonesia bersiap mengikuti Olimpiade London 2012 yang akan dimulai 27 Juli hingga 12 Agustus 2012. “Hingga kini sudah 19 atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade London. Lima dari angkat besi, satu dari panahan, empat dari berenang dan sembilan dari bulu tangkis,” ujar Rita. Indonesia pun berpeluang menambah jumlah atlet yang berlaga di Olimpiade tersebut karena beberapa cabang olahraga masih melakukan babak kualifikasi.

Pada bulan September 2012 akan digelar perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Pekanbaru pada tanggal 9 September 2012 hingga 20 September 2012. “Venue yang dipersiapkan berstandar internasional, karena tahun depan akan digunakan Islamic Solidarity Games,” ujar Rita. Bahkan bandar udara Sultan Syarif Kasim II juga telah menjadi bandara bertaraf internasional.

Islamic Solidarity Games akan dilaksanakan 6 Juni 2013. “Peserta berasal dari 57 negara dan mempertandingkan 17 cabang olahraga. Jumlah atlet yang hadir sekitar 2.000 atlet,” ujar Rita.

Wapres menyampaikan apresiasi atas prestasi yang dicapai oleh atlet Indonesia dan juga kesuksesan Indonesia menjadi penyelenggara dan juara umum pada SEA Games XXVI. “Lakukan semua persiapan dengan baik. Pemerintah mendukung kegiatan olahraga yang membawa nama bangsa Indonesia,” ujar Wapres.

Rita menjelaskan bahwa selama ini antara KOI dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) terus bekerjasama. “Kami terus berkoordinasi agar prestasi olahraga Indonesia terus meningkat,” ujar Rita.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal KOI Timbul Lubis, dan Anggota Komisi Pengembangan Olahraga KOI Alizar Tanjung yang juga menjabat Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).


****




Bookmark and Share